Amey

Anne of Green Gables

Jika ada buku bagus yang bisa membuat mu rela menghabiskan waktu berlama-lama dengan membaca halaman demi halamannya. maka salah satu buku itu adalah buku tentang kisah-kisah Anne Shirley.

Saat melihat cover belakang, dikatakan bahwa buku ini sudah berusia sekitar 100 tahun. promosi lainnya mengatakan: buku yang terjual lebih dari 50 copy, telah di terjemahkan ke puluhan bahasa, dan di buatkan komik serta film. dibagian atas cover depan juga ditulis "buku yang mengalahkan penjualan Harry Potter, Twilight"dkk. awalnya aku tidak percaya, tapi begitu membacanya, aku tersihir lebih daripada saat aku membaca harry potter.

Anne shirley adalah gambaran seorang gadis kecil dengan mata yang selalu melebar seperti bola pingpong, dan senantiasa berkilat oleh cahaya semangat yang memancar dari rasa ingin tahu yang besar dalam dirinya.

Imajinasi adalah teman terbaiknya:
"aku senang aku mempunyai imajinasi, aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa imajinasi"
Kira-kira itulah yang dikatakan anne setiap kali ia mendapatkan kesulitan hidup dan harus menghadapinya dengan khayalannya itu.

"khayalan membuat segalanya menjadi lebih indah"
Kau bisa berpura-pura punya gaun dengan lengan menggelembung, pura-pura menjadi putri yang diculik oleh penjahat dan ditolong oleh belahan jiwa yang adalah teman sekolahmu, menjadi istri pendeta yang anggun, atau menjadi manusia dari dunia lain.

Membaca novel ini membuatku ingat pada khayalan-khayalan masa kecilku.
dulu, saat aku sedang sendiri dirumah, aku biasa bercakap-cakap dengan bul-bul (kucingku) dalam bahasa inggris, sambil memberikannya susu sambil mengkhayalkan bahwa aku sekarang sendang berada di rumah mewah dengan bul-bul si kucing kampung yang berubah wujud menjadi kucing persia yang anggun dan tidak makan sembarang kecuali susu dan kornet.

Salah satu cita-cita Anne (Anne punya banyak sekali cita-cita) juga mengingatkanku atas diriku sendiri.
Saat kecil, aku tergolong anak yang jarang sakit dan tidak pernah sulit dalam hal memenuhi kebutuhan nutrisiku sendiri. karenanya, aku pun diam-diam berkhayal bahwa aku ini anak orang kaya yang sering sakit-sakitan dan hidup merana tapi dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangiku setiap hari.atau aku mengkhayalkan diriku menjadi seperti adik sepupuku yang sangat rewel saat makan (satu piring bisa dia habiskan hingga lebih dari 1 jam) dan ibunya harus selalu mengejar-ngejarnya untuk menyuapkan sesuap nasi yang tidak akan dikunyahnya dan hanya akan dimuntahkannya di belakang sofa jika tante ku tidak melihatnya.

Sama seperti Anne, terkadang aku tidak bisa mengendalikan imajinasiku. Aku ingat saat SD dulu, hampir selama setengah tahun aku percaya bahwa semua orang dimuka bumi ini adalah alien dan hanya aku yang manusia. hal ini betul-betul membuatku paranoid dan ketakutan saat ditinggal sendiri untuk menjaga rumah oleh orangtuaku, aku di perdaya oleh khayalanku sendiri, dan menjadi sulit untuk membedakan antara kenyataan dan khayalan-khayalan itu.

Kini, masa-masa itu sudah lama berlalu. tempaan demi tempaan membuatku mulai jauh dari dunia yang hanya milikku itu.
Tetapi Anne of Green Gables mengingatkanku kembali akan hal itu. Ia berisi banyak sekali pesan moral, khususnya tentang

"Mensyukuri segala sesuatu yang kita punyai"

Anne yang yatim piatu yang awalnya tidak diinginkan oleh masyarakat Green Gables selalu punya imajinasinya untuk membuat segala kekurangan dan ketidak punyaannya menjadi sesuatu yang hebat.

Anne juga mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang senantiasa lembut dan mampu beresonansi dengan alam.
Sensasi "getaran" yang dirasakan Anne setiap ia mendapatkan atau menemui hal yang indah baik dialam maupun pada orang-orang disekelilingku membuatku tiba-tiba menyimpulkan, bahwa segala yang ada di alam ini memang pernah menjadi bagian dari diri kita, yaitu bagian dari Allah, Tuhan semesta alam, karena itulah mereka semua adalah Zat Allah yang disebarkan di alam semesta ini, dan karena itulah kita dapat beresonansi dengan mereka.

Ya Mushawwir, terimakasih atas karunia khayalan, buku seri Anne of Green Gables ini, dan segala keindahan yang memang terdapat nyata dimuka bumi-Mu ini.
^^
Label: , | edit post
Reaksi: 
4 Responses
  1. fadlanous Says:

    pinjamka bukunya pengg dulu meeey...


  2. Amey Says:

    punyanya gaby...ngantri ya...gw duluan.=D
    i was thinking about buying for myself.
    tapi sayang yg dijual di gramed ndak lengkap, ada skitar 6 atw 5 seri itu.


  3. fadlanous Says:

    abis kau paeng nah.. nah.. nah..


  4. UQI Says:

    imajinasi harus...banyak orang sukses berhasil karena imajinasi..truslah berimajinasi!!! Salam