Amey
JALAN CINTA PARA PEJUANG

oleh Salim A.Fillah

sebuah pengantar advance buat para pejuang cinta...

Sungguh Luar biasa buku dengan ketebalan 340 halaman ini, aku baru saja membaca beberapa halaman, mataku rasanya jadi lekat selekat-lekatnya bagi setiap bait kata-kata yang mengalir deras dari isi pikiran sang penulis. Sungguh deras, sederas aliran air di perbatasan air terjun dan sungai...

Gagasan-gagasannya yang sungguh kaya hikmah,membuat aku terbius oleh setiap kata-katanya.

Sudah sekian lama aku tdk menemukan buku yang begitu powerful seperti buku ini.
mengapa? alasannya mudah, seperti kata paman saya,

"seseorang yang beranjak dewasa, akan semakin sulit menyelesaikan sebuah bacaan"

mungkin kalian akan bingung,
"lhoh? kenapa? apakah karena kemalasan?atau berkurangnya daya tahan mata dalam membaca?"

kalau begitu, dengarkan pamanku melanjutkan,

"karena seorang yang dewasa, sudah terlalu banyak membaca buku dan menuai pengalaman, sehingga terkadang, ia akan menghentikan bacaannya, saat ending dari buku itu mulai dapat ia tebak, atau ia sudah terlalu bosan membaca kisah atau menarik hikmah dari yang sama..."

yup, itulah kalimat ter pas, yang kurasakan telah melanda minat bacaku beberapa bulan terakhir, malas membaca sesuatu yang monoton...

Awalnya, sering aku mengeluh, dan mengutuk diri sndiri yang bahkan tidak mampu menghabiskan novel yang kata-orang best seller dan luar biasa bagus. tetapi sungguh, setelah membaca buku JCPP ini, aku sadar, minat dan kekuatan membacaku masih ada, hanya saja jiwaku sedang haus akan tulisan yang lebih rumit dan memperkaya batin,..
yah, saya cuma sedang menyelami animo warga bumi yang sedang mengarah pada sesuatu yang bersifat spiritual...

-dan buku ini, menyejukkan dahaga itu...--

Salah satu gagasan yang sangat kusukai dari buku ini adalah, ia menata ulang teori segitiga cinta oleh Robert J. Sternberg menjadi sesuai dengan kaidah islam.

segitiga cinta Robert terdiri atas:
1. Keintiman
2. Gairah, dan
3. Komitmen

1. Keintiman, adalah elemen emosi yg di dalamnya terdapat kehangatan, keakraban, dan hasrat menjalin hubungan.
gejalanya itu dapat berupa perasaan bahagia ketika dekat dengan seseorg, menikmati cakap-cakap dengannya sampai waktu yg lama, merasa rindu bila lama tidak bertemu, dan keinginan untuk saling bergandeng tangan atau merangkul bahu.

2. Gairah, adalah elemen motivasional yagn didasai oleh dorongan dari dalam diri yang bersifat seksual.

3. Komitmen, adalah elemen kognitif, berupa keputusan dan tekad unuk secara tetap dan sinambung menjalankan suatu kehidupan bersama.

Ia menjelaskan, segitiga ini harus lah lengkap, sehingga seseorg betul-betul dapat dikatakan telah jatuh cinta.
contohnya,
Jika yang ada itu hanya keintiman dan komitmen, maka itu bukan cinta, melainkan hanya sebuah persahabatan.

jika yang ada itu hanya keintiman dan gairah, tanpa komitmen, maka itu hanya romantisme.

jika yg ada hanya komitmen,tanpa intimasi dan gairah, maka itu adalah kekosongan...

dan seterusnya...

Nah, uniknya, Jika tahapan cinta Robert dimulai dengan keintiman, berlanjut menjadi gairah, dan berakhir dengan komitmen, maka tahapan jalan cinta para pejuang justru dimulai dengan komitmen, berlanjut pada intimasi, dan dilengkapi oleh gairah.

Lah? itu kan sama aja bhw kita, mending nikah dulu baru pacaran?iya kan?
wah, kucing dalam karung dong?

Wow wow...jangan salah dulu, Teori ini juga didukung oleh penelitian para ilmuan terhadap zat cinta pada keluarga Emily Grillot dan istrinya,,
Sebenarnya, apa yang mmbuat prnikahan mereka sudah bertahan selama 58 tahun, dan menghasilkan 20 anak serta 77 cucu??

Rahasia cinta mereka singkat saja:
"ini adalah komitmen dan perhatian di antara kami kepada yang lain. beberapa orang menyebutnya cinta.."

yap, dari situlah cinta harusnya bermula, dari sebuah komitmen,

komitmen adalah ikrar kerelaan berkorban,
ia memberi, bukan meminta...
ia berinisiatif, tanpa menunggu...
dan ia memahami, bukan menuntut...

Wallahu'alam.
Amey
Selalu ada hal yg menyenangkan saat bersamamu.
sperti pelita yang menerangi kegelapan,..
kasih sayang itu slalu saja menghangatkanku...

terima kasih,,,^^
Amey
Kemarin hari yang sibuk.
pagi-pagi harus berangkat ke kampus bersama ayah,
berdiskusi segala hal mengenai MLM, mahasiswa, DO dan akademik di dlm mobil itu.
ckckc...memang pengalaman hidup slalu menjadi pelajaran yg paling berharga.

Kampus.
pagi hari itu sudah dipenuhi oleh praktikan berwajah cemas akibat harus mengikuti ujian anatomi yang sebentar lagi hrus mereka lalui. atlas sobotta, buku penuntn dan hafalan yang berulang, berdengung keras memenuhi koridor.

kelaparan,
aku, dan rini, sarapan pagi di kampus, demi rapat yang dimulai lebih awal, kami makan sambil berceloteh ttg LK1.

Sibuk,
konsep materi, pemateri, acara, rpat SC-OC, semua berjalan begitu komplex dan kadang tanpa kesmpulan. yah, kupikir memang bgitulah seharusnya sebuah kerja tim, qta mmeang tdk bisa mendapatkan yg terbaik, sebab yg terbaik itu hanya ada dalam pikiran kita, tetapi kerja tim, bisa menghasilkan "kemaksimalan", sehingga itu yg mmbuatku bertahan dalam celoteh-celoteh yg kadang tak berujung pangkal di tengah kepulan asap dan AC yang terlalu dingin, diruang bem dan bpm.

Senior,
mereka adalah makhluk yang komplex, begitu bnyak pengalaman berharga yg mereka miliki,berbagi dan bertukar pikiran dengan mereka, selalu saja menghasilkan ide-ide baru. tetapi bgitulah, terkadang percekcokan dan kekesalan kadang timbul dalam hati ini,,,knp bgitu sulit, merubah suatu paradigma? tdk bisakah kita lebih kreatif menanggapi peraturan yg dibuat bertahun-tahun lalu? sebelum jumlah mahasiswa FK membludak speri skrg ini?
i think...peraturan itu harus lebih flexible,..kadang-kadang kita memang harus mengambil resiko dengan melakukan inovasi baru...tp...penentangan itu slalu sj ada.

Malam,
ia menjelang, menjelma melingkupi dan meringkuk diatas kampus ini. kami masih saja berbagi pikiran dan ide yang tak kunjung usai. aku mulai lapar, kegelisahan, dan mata berkunang-kunang membuat segala ide itu berkelebatan dalam pikiran.
aku menuliskan semua ide itu, di binder kuning sahabat baruku.
kami akhirnya pulang,setelah k' ucu mulai memutar video horror yg mmbuatku tdk betah lagi berada di kampus.

20.00,
kami keluar dari kampus, banjir di jalan membasahi kaki dan betis kami. rasanya dingin menerpa bgitu dasyat, kami kedinginan, dibawah payung yang tak bisa menahan air hujan dari segala arah.
tangan ku rasanya sudah menjadi es.

angkot,
ia kami hentikan di depan roti canai yang terkenal itu, kami duduk dalam basah diruangan sepetak yg tidak lebih besar dari kamarku itu.
memesan makan yg seharusnya bisa dimakan ber5 untuk 3 org sj.
tak peduli malam sudah larut, aku, pupung, dan rini melanjutkan diskusi demi kemajuan pengkaderan calon adik2 kami. komplex....

angkot lagi,
disana aku sdh tidak bisa memikirkan apa-apa lagi mengenai pengkaderan, rasanya hanya ada rindu yg tersisa untuk seseorg yg tidak pernah menyapa. aku benci HP yg tidak berdering itu. rasanya iri melihat juniorku yg satu ini mengisahkan kisah cintanya dengan begitu bertubi-tubi. rasanya bebas sekali ia mengungkapkan rasa sayang itu pada seseorg...ya..sy tau, sy tau,,,itu dosa.
stidaknya sy lebih beruntung sedikit, krn masih menyadari batasan itu.

Rumah,
terjebak di luar pagar rumah sendiri. kunci yg dititip di tetangga sebelah, tak mampu kuambil karena penghuninya sudah tidur.
aku terduduk lemas di depan rumah yg nyaris rubuh itu, (kadang aku berpikir, dosakah kami membiarkan tetangga mempunyai gubuk reyot seperti ini, sementara rumahku berdiri megah menantang langiT? sungguh berdosa...tp apa yg bisa kulakukan? mrk bukan pengemis...). badanku menggigil lagi, terlalu dingin malam ini, untuk kulewatkan diluar rumah, tanpa sms-sms yg dapat mngembalikan kehangatan badan dan semangatku.
kamu membuatku kesal.

ibu,
ia datang dengan kemarahan besarnya, memarahiku yg pulang terlambat, mencemaskanku, tetapi tetap sj tega menguluran tangannya untuk mencubitku.
sakit....tp tdk apa, aku tahu itu pantas kudapatkn...
sudahlah, ini resiko, aku ingin mengajrkan pada adik-adikku tentang militansi lembaga..karena itu militansiku pun harus kubuktikan.
betul-betul tidak masalah...

tidur...

melupakan semua kejadian buruk hari ini tanpa teleponmu...(karena memang tdk pernah ada janji untuk saling menelpon...)
Amey
-Michael buble-

You're a falling star, You're the get away car.
You're the line in the sand when I go too far.
You're the swimming pool, on an August day.
And you're the perfect thing to say.

And you play it coy, but it's kinda cute.
Ah, When you smile at me you know exactly what you do.
Baby don't pretend, that you don't know it's true.
Cause you can see it when I look at you.

[Chorus:]
And in this crazy life, and through these crazy times
It's you, it's you, You make me sing.
You're every line, you're every word, you're everything.

You're a carousel, you're a wishing well,
And you light me up, when you ring my bell.
You're a mystery, you're from outer space,
You're every minute of my everyday.

And I can't believe, uh that I'm your man,
And I get to kiss you baby just because I can.
Whatever comes our way, ah we'll see it through,
And you know that's what our love can do.

[Chorus:]
And in this crazy life, and through these crazy times
It's you, it's you, You make me sing
You're every line, you're every word, you're everything.

So, La, La, La, La, La, La, La
So, La, La, La, La, La, La, La

[Chorus:]
And in this crazy life, and through these crazy times
It's you, it's you, You make me sing.
You're every line, you're every word, you're everything.
You're every song, and I sing along.
'Cause you're my everything.
Yeah, yeah

So, La, La, La, La, La, La, La
So, La, La, La, La, La, La, La, La, La, La, La

--------------------------------------------

a very nice song,
so deep and touching with a moderate beat n' happy sounds.

aiiiiiiiiiiiiih....sooo sweet....x3
Amey

Hehehe, masih nyambung dengan posting sebelumnya,
hari ini, belanjaan kemarin yg nyaris bikin tekor itu kucoba olah-olah..
Bangun pagi2 jam 6, biasanya sy masih guling2an mpe stengah jam, baru betul2 bisa terbangun...

Hoaaahm...

Liburan, yg sibuk...-_-a

Tapi pagi ini, guling2annya berkurang 15 menit, sy bangun dari t4 tidur, dan langsung kedapur (tadi sholat subuhnya udah, tp tidur lg, hehe).

ok. persiapan alat!
-Teflon
-Sendok 2 biji
-Mangkuk kecil
-Piring
-loyang Pemanggang

lalu, persiapan bahan!
-Telur 3 biji
-Keju parut
-Kornet 3 sendok
-Garam secukupnya
-Bawang merah secukupnya, dicincang
-Mentega 3 sendok
-Roti
-Mayones
-Potongan sayuran (wortel, jagung, buncis, kacang polong)
-Saus Tomat
-Saus Sambal

naaah, buat dulu, isi rotinyaa...
1. Kornetnya di tumis pke mentega, dan bawang merah. lalu, di orak arik dengan telur yg dah di kocok.
2. Tuang ke piring, lalu taburkan parutan kejunya.
3. Campur semuanya

stlh itu persiapkan rotinya!^^
4. Olesi roti dengan mentega, dan mayonaise, dan sambal tomat/pedas
5. Sendokkan telur-kornet ke roti, lalu tutup dengan roti lainnya
6. Olesi loyang dengan mentega, letakkan roti diatasnya
7. Bakar selama 5 menit dlm oven 150 drajat celsius,hingga rasanya meresap ke roti(bolak balik)

lalu, siapkan pelengkap..
8. Rebus sayuran dalam air mendidih, tiriskan
9. Campur sayuranan dengan mayones

the end...
10.Sajikan bersama roti panggang dan susu coklat!

hmmm....
enak lhoo!^^

kunamakan ini, "Squirrel's Sandwich" (sok canggih bgt...pdhl mah, cm gr2 gemes liat gambar tupai bikin roti diatas...wkwkwk)

simpel sih, tp buat sarapan hari ini bikin habis 1 jam waktuku...
gila, bs terlambat ngampus tiap hari klo kek gini. mamaku smpe gemes liat sy kelamaan nyiapin roti doang...(yah, namanya jg blajar ma!-_-a)

tapiii...menyenangkan jg...!
hehehe...

met mencoba!(ada g' ya, yg mau nyoba bikin jg??^^)
Amey

(gambar yang lucu y?I got it from "http://picture-book.com/taxonomy/term/419", ada banyaak gambar menarik disana, so sweet and lovely i think...^^)

Tengah malam insomnia beginii...
ada juga hal-hal yang bisa membuat bahagia.

Lepas magrib tadi kami belanja bulanan sekeluarga.
hmm...memang sudah saatnya sih,
belum pernaaah rumahku stok makanannya miskin sekali!xo
tak ada telur sebutir pun, g ada daging-daging olahan, tdk ada sayuran, dan nyris habis persedian buah2an.

Jaadiii, tadi kami belanja gila-gilaan!
heeeh...sampai2 tdk sadar sdh 4/5 juta habis dari kantong ayah..T_T

tp aq puas, heheh, keperluan u/ experimen masak besok sdh ada lagi!
yooo!
katanya sih, itu slh satu cara mnjadi wanita konvensional.

salah satu ciri manusia konvensionl jg, tdk ada pergaulan bebas laki-laki dan perempuan. meskipun prinsipku sih, slama g ada prasaan yg aneh2, toh gpp dekat2, kecualiii, klo mmg ada rasa! nah, itu yg namanya berkhalwat! (astagfirullaaahh...-_-)

hhh...2 ekor penggemar sdh lepas gara2 usaha jd wanita konvenional ini..-_-a

seharian pikiran ku kepikiran kesanaa terus.
hahaha...

Tp tdk masalah, msh banyak stok fans kok!(hahaha...)
lgan sejauh ini, seseorg itu sdh cukup.
kita lihat saja nanti,
adakah yang bisa melebihimu??^^

agh...
life's too short...
jgn dibuat jd banyak dosa...
Amey

Rasanya itu pertanyaan yang selalu menjadi rahasia bagi setiap manusia.
Saya barusan membaca "Inti sari", yang kebetulan membahas panjang lebar mengenai perbedaan pria dan wanita yang MEMANG SANGAT BERBEDA.

Take a look at this:
katanya,,,
Wanita, bisa mengerjakan banyak hal bersamaan, lebih sensitif, plinplan, dan banyak bicara(skitar 20.000 kata per hari!), serta lebih expresif.
Pria, selalu terfokus pada satu perkerjaan, kurang peka, teguh pnedirian, dan tidak banyak bicara (hanya sekitar 7.000 kata per hari!), serta lebih sulit mengekspresikan perasaannya.

Nah, menurut artikel itu sih,
alasanya adalah karena pria dan wanita dilahirkan dengan otak yang berbeda.
perbedaannya terletak pada corpus callosum yang lebih lebar, dan hormon serotonin yang lebih banyak pada wanita.

Lebarnya corpus callosum yang menghubungkan antara hemisfer kiri dan kanan otak ini, membuat wanita jauh lebih cakap menyeimbangkan kedua otaknya, sehingga ia lebih mampu mengerjakan banyak hal bersamaan, dan dapat berkomunikasi lebih lancar, lebih banyak berpikir (sekalipun kadang tdk perlu), dan jauh lebih ekspresif.

Berbeda dengan pria, yang corpus callosumnya hanya 1/3 dari wanita, mereka harus fokus jika sedang melakukan sesuatu. karena hbungan antar otaknya kurang lancar. karena itulah, mereka tidak bisa mengangkat telepon, belajar, atau melakukan hal lain sambil menonton TV atau mendengar radio.

Hal berbeda lainnya adalah, Hormon serotonin.
hormon ini, membuat wanita jauh lebih tenang dalam menghadapi masalah, tdk mudah naik pitam, dan lebih banyak tertawa. (kalaupun sedang dilanda masalah, penyelesaiannya tidak jauh-jauh dari menangis) hal ini juga relevan dengan hasil penelitian pada foto-foto yang diambil secara massal, terlihat dalam kumpulan foto tersebut, jauh lebih banyak wanita yang sedang tersenyum atau tertawa. sementara kebanyakan pria lebih banyak memasang wajah serius. (atau sok cool?)

Wanita, juga mampu mengingat segala sesuatu dengan lebih detail dibanding pria, karena ternyata, otak wanita memang lebih besar daripada pria. terutama di bagian frontalis. ini juga menjelaskan, mengapa pria lebih sering lupa akan sesuatu.

Menurut artikel itu juga. bagi pria, mengingat hal-hal superficial dan segera menyelesaikan masalah itu lebih penting ketimbang menyelesaikan remeh temeh yang tidak perlu. kecenderungan ini bisa dilihat saat pria sedang menonton TV, dimana pria biasanya lebih suka menonton beberapa siaran sekaligus, karena mereka segera ingin mengetahui bagaimana ending dari beberapa kisah sekaligus, ketimbang mengikuti cerita dari awal hingga akhir (seperti sinetron) yg dilakukan oleh wanita.


Mengenai kebiasaan menangis, artikel itu menjelaskan, bahwa wanita menangis karena ingin mendapatkan rasa bersalah dari orang yang terkait. Entah sengaja atau tidak, menangis ditujukan untuk memeras orang secara emosi. Bisa dibilang, semacam senjata yang sangat halus untuk menunjukkan perasaan dan maksudnya.

Sayang artikel tersebut tidak menyebutkan mengenai alasan mengapa pria lebih banyak berbohong. tetapi saya hanya ingin menambahkan dari hasil guyon teman2 pria di sekret MYRC. bahwa, "mereka suka berbohong, karena memang wanita itu suka di bohongi", lihat saja alasannya,,,

Saat seorang wanita bertanya pada kekasihnya, apakah ia overweight atau tidak,

biasanya sih, apapun jawaban kekasih itu, akan di tangkis juga oleh sang wanita.

jika dijawab "tidak",,,maka wanita akan menjawab "masa' sih? prasaan gendut ah!"
jika dijawab "kalau gitu 'iya', kmu gendut",,, maka wanita akan menjawab "tuuuuh kaaann!" sambil tersinggung, dan akan berusaha mati-matian untuk menguruskan badannya, meskipun wnita itu sebenarnya sama sekali tidak gemuk.

Hasil diskusi konyol waktu itu berakhir dengan kesimpulan,
"kepada wanita, berbohong saja!"...

Walhasil, Aku yang kebetulan ikutan percakapan bodoh di sarang penyamun itu, kini tahu, kenapa mereka suka sekali berbohong....-_-a

Kembali ke artikel tadi,
penulisnya menyimpulkan, bahwa agar hubungan pria dan wanita itu berjalan lancar, memang harus ada pemahaman lebih dalam terhadap kedua sifat yang berbeda itu.
jika dipermasalahkan, maka ia sudah pasti akan menjadi sesuatu yang destruktif.

Tetapi jika wanita dan pria saling mengerti, dan memanfaatkan kelebihan, serta saling menutupi kekurangan, ia akan menjadi hubungan yang menyenangkan dan produktif.

yah...
men are from mars, and women are from venus...
we met here, on earth...

Hai laki-laki, Kami berasal dari tempat yang lebih hangat dan dekat dengan sang surya.
terdampar di bumi tanpa perlindungan bukanlah hal yang menyenangkan bagi kami.

we need protection and warmth, and pleasure, and comfort just like in venus...

Don't be rough, nor too cold...(we're not in Mars)

Coz' this earth is given by God for US, not just for you.nor just for me...
Amey


Malam ini tiba-tiba saja terlintas dalam pikiranku, untuk menjadi laki-laki.
hahaha,,,

Yap, jd laki-laki itu menyenangkan, tidak perlu jaim,tdk perlu malu berada di black canyon bersama pria-pria lainnya dalam kepulan asap rokok. tdk perlu stress dlam percintaan, (jika ada yg disuka, ya dikejar saja! g ada yg melarang, atau melecehkan, malah semakin ia berusaha, semakin naik harkat martabatnya).

Andai secara fisiologis hormon cengeng ini dapat ku kurangi tanpa harus memotong ovarium, merusak hipofisis, atau mengganti alat kelamin(ini tdk ada hubungannya -_-)
pasti menyenangkan.

Acting Tomboy...
stidaknya cm itu hal waras yg bisa kulakukan saat ini, dalam batas kewajaran dalam melawan kodrat Tuhan.

Ntahlah, bisa bertahan berapa hari...
Mungkin sampai yang aku cari itu ketemu...?

Wanita, punya gengsi yng harus dijaga.
kurasa gengsi itu dapat kujaga dengan mnjadi tomboy...heeh...

fool things again...sy benci berandal!
Amey
Yan Hui adalah murid kesayangan Confusius yang suka belajar, sifatnya baik. Pada suatu hari ketika Yan Hui sedang bertugas, dia melihat satu toko kain sedang dikerumunin banyak orang. Dia mendekat dan mendapati pembeli dan penjual kain sedang berdebat.

Pembeli berteriak: “3×8 = 23, kenapa kamu bilang 24?”

Yan Hui mendekati pembeli kain dan berkata: “Sobat, 3×8 = 24, tidak usah diperdebatkan lagi.”

Pembeli kain tidak senang lalu menunjuk hidung Yan Hui dan berkata: “Siapa minta pendapatmu? Kalaupun mau minta pendapat mesti minta ke Confusius. Benar atau salah Confusius yang berhak mengatakan.”

Yan Hui: “Baik, jika Confusius bilang kamu salah, bagaimana?”

Pembeli kain: “Kalau Confusius bilang saya salah, kepalaku aku potong untukmu. Kalau kamu yang salah, bagaimana?”

Yan Hui: “Kalau saya yang salah, jabatanku untukmu.”

Keduanya sepakat untuk bertaruh, lalu pergi mencari Confusius. Setelah Confusius tau duduk persoalannya, Confusius berkata kepada Yan Hui sambil tertawa: “3×8 = 23. Yan Hui, kamu kalah. Kasihkan jabatanmu kepada dia.”

Selamanya Yan Hui tidak akan berdebat dengan gurunya. Ketika mendengar Confusius bilang dia salah, diturunkannya topinya lalu dia berikan kepada pembeli kain. Orang itu mengambil topi Yan Hui dan berlalu dengan puas.

Walaupun Yan Hui menerima penilaian Confusius tapi hatinya tidak sependapat. Dia merasa Confusius sudah tua dan pikun sehingga dia tidak mau lagi belajar darinya. Yan Hui minta cuti dengan alasan urusan keluarga. Confusius tahu isi hati Yan Hui dan memberi cuti padanya. Sebelum berangkat, Yan Hui pamitan dan Confusius memintanya cepat kembali setelah urusannya selesai, dan memberi Yan Hui dua nasehat : “Bila hujan lebat, janganlah berteduh di bawah pohon. Dan jangan membunuh.” Yan Hui bilang, “Baiklah,” lalu berangkat pulang.

Di dalam perjalanan tiba-tiba angin kencang disertai petir, kelihatannya sudah mau turun hujan lebat. Yan Hui ingin berlindung di bawah pohon tapi tiba-tiba ingat nasehat Confusius dan dalam hati berpikir untuk menuruti kata gurunya sekali lagi. Dia meninggalkan pohon itu. Belum lama dia pergi, petir menyambar dan pohon itu hancur. Yan Hui terkejut, nasehat gurunya yang pertama sudah terbukti. Apakah saya akan membunuh orang? Yan Hui tiba dirumahnya sudah larut malam dan tidak ingin mengganggu tidur istrinya. Dia menggunakan pedangnya untuk membuka kamarnya. Sesampai didepan ranjang, dia meraba dan mendapati ada seorang di sisi kiri ranjang dan seorang lagi di sisi kanan. Dia sangat marah, dan mau menghunus pedangnya. Pada saat mau menghujamkan pedangnya, dia ingat lagi nasehat Confusius, jangan membunuh. Dia lalu menyalakan lilin dan ternyata yang tidur disamping istrinya adalah adik istrinya.

Pada keesokan harinya, Yan Hui kembali ke Confusius, berlutut dan berkata: “Guru, bagaimana guru tahu apa yang akan terjadi?” Confusius berkata: “Kemarin hari sangatlah panas, diperkirakan akan turun hujan petir, makanya guru mengingatkanmu untuk tidak berlindung dibawah pohon. Kamu kemarin pergi dengan amarah dan membawa pedang, maka guru mengingatkanmu agar jangan membunuh”. Yan Hui berkata: “Guru, perkiraanmu hebat sekali, murid sangatlah kagum.” Confusius bilang: “Aku tahu kamu minta cuti bukanlah karena urusan keluarga. Kamu tidak ingin belajar lagi dariku. Cobalah kamu pikir. Kemarin guru bilang 3×8=23 adalah benar, kamu kalah dan kehilangan jabatanmu. Tapi jikalau guru bilang 3×8=24 adalah benar, si pembeli kainlah yang kalah dan itu berarti akan hilang 1 nyawa. Menurutmu, jabatanmu lebih penting atau kehilangan 1 nyawa yang lebih penting?”

Yan Hui sadar akan kesalahannya dan berkata : “Guru mementingkan yang lebih utama, murid malah berpikir guru sudah tua dan pikun. Murid benar2 malu.” Sejak itu, kemanapun Confusius pergi Yan Hui selalu mengikutinya.

Cerita ini mengingatkan kita: Jikapun aku bertaruh dan memenangkan seluruh dunia, tapi aku kehilangan kamu, apalah artinya. Dengan kata lain, kamu bertaruh memenangkan apa yang kamu anggap adalah kebenaran, tapi malah kehilangan sesuatu yang lebih penting. Banyak hal ada kadar kepentingannya. Janganlah gara-gara bertaruh mati-matian untuk prinsip kebenaran itu, tapi akhirnya malah menyesal, sudahlah terlambat.

Banyak hal sebenarnya tidak perlu dipertaruhkan. Mundur selangkah, malah yang didapat adalah kebaikan bagi semua orang.

Bersikeras melawan pelanggan. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga. (Saat kita kasih sample barang lagi, kita akan mengerti)

Bersikeras melawan boss. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga. (Saat penilaian bonus akhir tahun, kita akan mengerti)

Bersikeras melawan istri. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga. (Istri tidak mau menghirau kamu, semua harus “do it yourself”)

Bersikeras melawan teman. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga. (Bisa-bisa kita kehilangan seorang teman)
Amey
hari yg bagus untuk menuliskan sesuatu.
sayangnya sedang kering ide...

kerontang sekali...
apakah ada hubungannya dgn hari yg tdk hujn hari ini?

mungkin...

tp, stidaknya baju yg kujemur kering...^^

yaaaah...
cm ingin menyampaikan:

"SELAMAT TAHUN BARU"

untuk semuanyaaa...!!!^^