Amey


Adikku...
Muhammad Harsya Bachtiar...
31 januari 2009, hari ini...
berulang tahun yg ke 17.

ini hasil jepretan taun 2008, adeku itu klo diliat2, gagah jg y?
kmrn malem, dy tlp krumah.
cm gw lg sbuk NM ISMKI.jd g gw waro
nyokap yg ngangkat tlp jg g mudeng klo bsok itu ultah dy.

hix...
de, gmn kabarmu dsana y?
apa sweet 17mu menyenangkan seperti diriku dulu?
penuh surprise dari tmn2 yg baik?

kangen...
mskipun qta jarang saling mnunjukkan prasaan sayang sesama sodara..
tp dihari ini.
meskipun kmu g tau.
gw mau mengungkapkan.
hal yg sangat tabu dan canggung u/ diucapkan:

"kakak sayang sm kmu"...

sbg hadiah dariku...

klo kmu pulang liburan
gw traktir jalan2 seharian deh.
mau nonton, mau makan, mau apa aja, n' gw g pduli dgn gaya psantrenmu lg.
g pduli dgn sikapmu yg lebih dewasa dari gw.
gw ttp kakakmu.
n' kk bangga sm kmu...

smangat blajar y dek.

Met ultah yg ke 17!^_^
Amey
aih, repotnya jadi wakil ketua kelas sistem
kudu ngurus ini dan itu...
cuapeeeekkk...

blum lg LPJ BEM udah dkt.
banyak bgt program yg dadakan dilakukan sm nak2 bem.
surat2 mandat pun beterbangan masuk ke INBOX...
"me, buatin surat delegasi ini, buatin SC itu"...
bah...

trus, gw jadi SC bwt Diskusi publik II
sm (rencananya) SC TRansfusi...
akh...cape bgt...

tp yg paling2 nguras tenaga adalah:

penelitian bwt LKTM bln Februari/awal maret ini
...ttg Memory n' TEH hijau yg bahannya bhs inggris smua...capeee ngartiin n' ngertiinnya..

ada lagi penelitian bwt kurikulum pendidikan kedokteran yg rencanya mau dibuat multicentered...
jd, smua institusi (universitas) yg punya FK yg termasuk dlm wilayah 4 indonesia bakal qta tliti kurikulumnya...
gmn plaksanaannya...
sistem penilaiannya..
ktnya sih tujuannya mau ngajuin kurikulum baru bwt di konsorsiumin...
aih, harapan ini g trlalu tinggi kah?
streesssss!!!!

mana sistem respirasi ini 7 SKS pulak...
gw ngiri tmn2 udah pada blajar mati2an..
gmn yak?kmrn2 gw bisa lucky n' mnyelesaikan dgn baik..
tp skrg...

GImana nasib gw y???

GOD...pls Help meeeeeee....
hix..hix...T_T
Amey


these are my friends...
i miss them soo much...
knp ISMKI g ngetrend di kampus y??
hahaha...
Amey
Bbrp menit yg lalu gw baru tbangun dr tidur sore yg nikmat bgt.
rasanya segar skaliii!!!

i feel good...hehehe.

mmg bgitulah klo sdg dlm period.
smua masa2 PMS yg gelap udah lewat.

but still, i feel glad for getting my life back.
i can gain my power to search for someone new.
there's no use to look back at him...pokonya rugi deh!
i'm much more than what i think (or "he thinks" if he really thinks about me?) before!
hahaha...!!!
Amey
KNP GW JD MELLOW GINI??

Tadi pagi habis sholat subuh, dgn mata masih rabun2 g pake kcmata, gw liat labah2 ngangkang selebar tangan gw didinding kamar, gw jerit2...
bokap coba "menyelamatkan"..tp gw jd kecewa krn labah2 yg kt bokap itu "kecil" g mati aja. God...knp ankabut itu bgitu menyeramkan bwtku??

sore hari, liat liputan gaza di TVone...nangis sejadi2nya.
uuugggh....knp air mata gw g bisa tertahan sdikit sj??

Malam hari...gw harus melepas sesuatu yg sudah lama kupertahankan...
berat...krn sudah kukorbankan ketulusan, bahkan gengsi yg besar untuk hal itu.
sudah terlalu besar pengorbanan untuk hal itu.
buat gw g tahan lagi,
dan demi kebaikan gw sndiri,
gw harus melepasnya.
klo g...mungkin gw bisa gila...

rs.dadi g akan punya t4 VIP u/ gw tempati.
bokap nyokap g akan senang tentu...
dan masa depanku...g mungkin gw mau say goodbye padanya...

lagi..
gw nangis sejadi2nya...
(tp g etis sih, gw nangisnya lebih parah dari wkt gw liat gaza, masalah gw sungguh kecil dibanding derita Gaza)

smoga, gw bisa konsisten melepasnya.
g mau lagi berharap apapun darinya.
cukup...
sudah cukup smua...

masa2 PMS mmg berat,
smua masalah kecil terlihat besar...
smua masalah kecil terlihat pantas u/ ditangisi...
........
apa sih gw??
menyebalkan...!!!
Amey
Mumpung lagi jaman2nya ngurus KRS di kampus, n' lagi sibuk2nya diriku memikirkan sistem perkuliahan di fakultas kedokteran universtas hasanuddin tercinta, maka kutulislah sedikit masalah yg meresahkanku...

Banyak hal yg telah berubah sejak :
1.dipressnya masa kuliah kedokteran dari 7 thn menjadi 5 tahun.
2.diterapkannya sistem KBK dgn mewujudkan PBL dan CSL
3.juga bersamaan dgn diterapkannya kuliah sistem (bkn lagi perbagian).
4.yang dimasukkan dlm bentuk paket2 mata kuliah yg harus diambil per semester.

implikasi dari 4 poin itu adalah Perubahan besar2an:

1. dari poin yg mempersingkat waktu itu,
tentunya m.siswa dosen dan segenap civitas akademik dituntut u/ mempercepat langkahnya, dari segala aspek, termasuk m.siswa, u/ mempercepat daya serapnya pada pelajaran. dosen2, diharapkan u/ taat mengikuti jadwal, sebab waktu mengajarkan materi yg seharusnya dulu mereka ajarkan dlm 3-6 bulan, harus dipres dlm 1 kali pertemuan yg hanya berdurasi 2 jam...pegawai2pun, seharusnya jgn terlambat dlm memproses segala bentuk administrasinya, agar tdk menghambat laju perkuliahan, seperti scptnya mengeluarkan nilai2 kami agar pengurusan KRS g mandek sperti yg kami alami dimasa penyambutan smster 4 ini.

2. sistem PBL dan CSL yg memng patut diacungi jempol,
inilah kelebihan sistem baru daripada yg lama, dimana kami sbg m.siswa diberikan pengetahuan klinik dimasa preklinik, lebih cepat daripada kk2 kami dulu, dan lebih menarik u/ kami pelajari.
luar biasa memang, mengikuti umur manusia yg semakin pendek, manusia memg harus mempercepat segalanya. tp masalhnya, lagi2 mslh civitas akdemiknya, dosen2 di FK UNHAS tercinta, rupanya terlalu sibuk shingga jarang masuk dlm kelas2 PBL/CSL yg memg bolehlah di anggap remeh, toh, tutor hanya sbg pengamat didlm ruangan' kan? ngapain jg mrk jadi kambing congek di situ? masih banyak hal yg lebih menghasilkan uang daripada stay dlm ruangan yg g jelas, dgn m.siswa yg masih pada bingung n' blum mpersiapkan bahan. klo CSL, sdh mndekati penyempurnaan, tp masih di sistem pengajarannya yg mengikuti sistem perkuliahan...hal ini membuat sgla hal menjadi rancu. misal, klo qta lg anamnesis di sistem kardio,,,pertanyaan2 qta cm menyangkut hal2 di kardio, pdhl knyataannya kan g ky gitu...? S1 itu u/ jd dokter umum, bkn u/ jd spesialis!

3. diterapkannya kuliah sistem,
klo dulu, dibagi2 dgn nama : "bagian" anatomi,interna, biokim, histo dst2...maka skrg dlm bentuk sistem, Sistem Dasar diagnostik dan terapi, Biokimia, Respirasi, Hematologi...dst2.
rancunya, tenaga pengajar kita msih mrupakn produk lama, dari "bagian"2, tp mereka mengajar kami di "sistem", sering kali ada hal2 yg seharusnya sudah kami pelajari tp ternyata blum, krn kami tdk blajar dasar2 anatomi, biokim, histo, dkk sblm bljr sistem endokrin misalnya...
hal ini sbnrnya bisa disiasati dgn menerapkan sistem kuliah rutin u/ hal2 dasar sprti anatomi dan tidak mengikuti sistem yg hanya menyajikan kuliah pakar. spy plajaran dsr dpt kami kuasai juga. selain itu, dokter2 pre klinik akan lebih exist, lebih banyak kerjaan dan akhirnya lebih dihargai o/ m.siswa.(perlu diketahui bahwa dlm sistem kuliah "sistem", yg dominan hanya dokter2 klinik. dan dokter2 preklinik terkesan diabaikan, sehingga mereka pun terlihat ogah2an mengajar...u/ m.siswa kdokteran yg mbaca ini, pasti dpt mengamati sndiri...)

4.bentuk pengambilan sks per semester yg dimasukkan perpaket.
disini, peran PA jd hampir tidak ada, knp? soalnya, tiap smester qta udah diwajibin ambil 23 sks, entah IPsmester lalu kita itu 4, atau cm 0,9...smua harus ambil 23 sks/smester.
mnurutku, ini bahkan lebih parah dari sistem skolahan dulu, yg stidaknya masih meninggalkelaskan murid yg dianggap blum mampu naik kelas.

4 poin itu kutulis sesingkat mungkin, jd maafkan jika ada yg blm begitu mengerti.
masih ada poin2 lain dan sambungan cerita2 dari 4 poin yg sdh ada.
hal ini meresahkanku, klo ad tmn2 kedokteran yg mbaca ini, punten di komment ya!
Amey
"Setiap hari adalah Asy-Syura, setiap tempat adalah Karbala..."

Itulah perasaan yg tertanam di dadaku setelah perayaan (peringatan) asy-syuro malam 10 Muharram kemarin (tanggal 6 Januari malam).
acara itu di selenggarakan di gedung lestari 45, suatu gedung dibelakng mesjid, depan Universitas Muslim Indonesia.
acara itu berlangsung sejak magrib melangkah ke Isya, hingga lepas tengah malam.
alhamdulillah, latihan pementasan narasi ttg peristiwa karbala yg di musikalisasi dapat berjalan,hanya saja.
meskipun kami melakukan pertunjukan dengan baik.tapi karena kesalahan teknis dari sound system yg merindingkan telinga kami semua selama hampir setengah pertunjukan.
kami agak kecewa, krn jelas pertunjukkan kami g didengar oleh audience.
tp untungnya klimaks narasi tidak terganggu lagi o/ suara "ngiiiing" dari sound system yg error.
tp gawatnya, justru sy, yg g bisa sm skali menangisi peristiwa syahidnya al-Husain di karbala.
soalnya, sy malah mati2an menahan tawa melihat sikap lebay dari ketua panitia dkk yg nangis meraung2...
oh my...GOD...
stress berat sy...
gimana gak? 3 tahun kemarin asy-syuro sy berjalan lancar dan khusyuk, tapi kali ini stetes pun air mata tak dapat terperas dari mataku.
hanya sedikit ternyuh saat palestina di singgung sedikit.
mungkin karna slama pertunjukan pikiranku penuh dgn pertanyaan ttg ritual asy-syuro ini......

btw, lanjut ke everyday is asy-syuro, every place is karbala deh..
dari acara ini,satu hal yg sangat kusetujui adalah kalimat diatas ini.
Bukan hanya krn tulisan itu tertulis jelas dibelakang kaos merchandise yg baru kubeli di lokasi peringatan asy-syuro...tapi

memang sudah seyogyanya kita menganggap hari2 kita dalah asy-syuro, hari2 dimana kita hrus slalu ingat akan kematian dan pengorbanan para syahid dan syahadah. gw jd ingat kalimat
"kematian adalah guru yg paling baik"
disamping pengalaman tentunya...
soalnya klo qta slalu ingat mati, kita g akan menyia2kan sedetikpun hidup ini.

selanjutnya, bahwa stiap tempat adalah karbala.
karbala adalah tanah perngorbanan.
dari hal ini sy blajar, untuk mengingatkan diri sendiri, agar selalu berniat sblm melakukan sesuatu, tentunya niat itu krn ALLAH SWT.
agar setiap kegiatan yg kita lakukan itu bernilai ibadah.
dan kalau2 kita mati, kita akan senantiasa berada dlm keadaan syahid.

semoga...hal itu membekas dalam hatiku, dan hati para pembaca.

KULLU YAUMIN ASY-SYURA, KULLU ARDIN KARBALA
(itulah judul lagu penutup narasi yg tidak sempat kami mainkan kemarin, karena pemain musiknya sendiri tenggelam dalam isak tangis mengenang al-husain...)

God, kuharap hatiku ini sedikit lebih peka u/ meneteskan air mata bagi al-husain tercinta.
Amey
Bbrp menit lalu, sy tercegang didepan TV, melihat perkembangan terbaru dari agresi biadab by israel, dari TV one.

judul beritanya adalah "israel menyerang anak-anak"....

MY GOSH!
ditampilkanlah liputan yg tertangkap oleh kamera...
bayi-bayi tak berdosa, sekarat dengan selang penyambung nyawa dicocokkan kedalam tubuh-tubuh mungil mereka...
setelah itu terlihatlah anak-anak yang lebih besar, sekitar 3-5 tahun.
TUHAN...
hatiku menjerit melihat anak-anak tidak berdosa itu berbaris didalam rumah sakit.
pertama, seorang anak laki-laki dengan mata berlingkar hitam krn kurang tidur.ketakutan.
stelah itu kamera diarahkan pada dua org anak laki-laki lainnya yang meronta2 di tempat tidur. miris sekali...
anak kelima yang di shoot terlihat lebih parah, dengan darah-darah berleleran disekujur kepalanya. meringis...
dan yang paling menyentuhku adalah seorang anak kecil, perempuan, terlihat menggigil ketakutan dengan wajah yg cemas...
di umur sedini itu, seharusnya wajah manis itu bisa tersenyum riang, dalam lingkupan kasih sayang orang tua dan lingkungannya.

YA ALLAH...

kasihan sekali mereka,,,
israel rupanya sudah begitu pengecut! bagi mereka, tak ada bedanya warga sipil maupun tentara. asalkan palestina, terserah mau bunuh sebanyak apapun. begitu biadab, tak berperasaan, dan kurang ajar sekali...*&%$&%^(%@$*@!
(maaf sy g bisa mengeluarkan kata yg lebih ekstrim lagi u/ menghina israel)
all i can pray is=semoga TUHAN melaknat mereka yg melukai saudara2ku!

berita bergulir.
nampak ruang rapat PBB. dengan judul berita:
"amerika menolak draft perjanjian perdamaian dari negara2 timur tengah"
GILA G sih?
sementara seluruh dunia menyatakan penolakan pada agresi israel.
Amerika jahannam itu malah menolak perjanjian perdamaian, hanya karena perjanjian itu dianggap sepihak!
great reason,,,YA IYALAH SEPIHAK! KALAU ISRAEL DIPAKSA BERDAMAI, MANA MAU MEREKA??

penampikan draft itu benar2 mnunjukkan keberpihakan amerika pada pembantaian tak berperasaan itu.
kalau alasan israel yg menyatakan penyerangannya hanya u/ mengebom gudang peralatan militer Palestina, atau sebgai pembalasan atas peluncuran roket Palestina ke israel.
dimana logika???
mana ada gudang peralatan militer ditengah kota? ditengah2 warga sipil???
dan SUNGGUH BERLEBIHAN jika 4 org yahudi itu ditebus oleh 400 nyawa sipil Palestina???

Tuhan, aku tahu Kau pasti punya rencana dibalik ini.
i just hope, hal ini cepat2 berakhir...