Amey


-School of Winners, a High School, that Never Ends!-

sbnrnya hari ini cukup banyak makna yg kuikat.
pasalnya, hari ini gw mhadiri sminar nasional yg lmyn mentereng which held by HMI KOMISARIAT hukum Unhas.

dan, slh satu pembicara yg mmbuat gw "harus datang" adalah...
si ustad ganteng istri satu anak satu...Ustadz Miftah!

jiaaaahhh!
stlh lama tak bertemu, trnyata beliau masiiih sj imut2! penampakannya ttp tenang, bersahaja, n' membawa aura yg membuatmu harus-slalu-jaim didepannya!

istri bliau jg ttp tampil cantik dan modis sperti biasa.
ditambah dgn anak laki2nya...Delshaad, yg ttp sj dgn kebiasaan lamanya:
berlari2 kesana kemari seperti gasing, dan hanya akan berhenti, klo ust.mif udah minta seseorg u/ "menangkap" dan menggendongnya. (mskipun bandel, tp lucu sih..=3)

nah, dari beragam info yg kudapatkan hari ini, gw cm mau share dikit soal materi dari Ust.mif, soal peran pendidikan dalam fungsinya sbg pembentuk insan(tdk pake "e"!) kamil, atau manusia paripurna!

katanya, ini adalah konsep yg diadopsi o/ Smuth, dari Murthada Muthahhari,
yaitu,,,"prinsip modelling"!
atw, mendasarkan pendidikan itu, agar stiap pserta didik, diarahkan menjadi seperti manusia yg di "modelkan" sebagai insan paripurna itu.

dlm pandangan ust.mif dan smuth, yg dijadikan model itu hanya ada 2:

Rasulullah SAW (shalawat atas beliau), dan Ali Bin Abi Thalib yang merupakan pintu ilmu dari Rasul SAW itu sndiri.

nah, dlm mencapai insan kamil itu, ada beberapa materi yg harus di "instal" di kepala para peserta didik.

1. menanamkan kebanggaan/ harga diri. dasar utamanya adalah...bhw kita manusia ini, adalah sebaik2 ciptaan Tuhan. krn itu, qta msua harus punya harga diri, dan bangga akan itu.

2. bersifat sangat personal.

artinya, smua pembelajaran itu, harus disesuaikan dgn kadarnya!
contoh kisah si Bahlul, yg mengajarkan bahwa qta tdk boleh mengajarkan seseorg, apa yg melebihi batas cernanya, maupun mengajarkan hal2 yg qta sdh sama2 tau.
pokonya, ajari seseorg itu, sesuai dgn kadar yg bisa dicernanya.

3. dilandasi perubahan paradigma

ya dong, harus ada perubahan paradigma dari hasil pembelajaran itu!

4. Mengajarkan wawasan paradoksal

ini penting, agar qta smua bersikap sesuai dgn kondisi lingkungan, toh, Tuhan sj paradoks... pokonya, jgn membagi alam semesta ini menjadi hanya hitam dan putih sj.

5. berorientasi pada pembebasan

ini yg sring dilupakan para pengajar. slm ini, orientasi qta dlm belajar itu yaaa, biar nanti bs jd sarjana, trus dpt kerja. pdhl, dpt kerja itu jg g jauh2 dari menjadi "budak" pemimpin!
sharusnya, seorg terdidik itu mampu mandiri, dan menjadi pemimpin bagi dirinya sndiri.
tp...ada sdikit paradoks disini.

dikatakan jg bhw, orientasi pendidikan itu jg skaligus pada Penghambaan.
ya, tp penghambaan disini bkn pada atasan, atau penghasilan...
tp penghambaan pada Tuhan,,,Allah SWT.

pokoknya:
"kemerdekaan yang sejati, terletak pada penghambaan kepada Tuhan"

(manteeeeppp!!!>.<)

6. pendidikan yg menyetarakan

yup2, ini satu hal yg slaluuu kubanggakan dari SMA ku. disana, antara guru, murid, teman sebaya, pokonya siapa aja! itu slalu setara dlm proses pembelajaran.
tdk ada guru yg menggurui, pokonya, qta slalu di bentuk sesuai dgn bentuk yg qta inginkan.
bahkan mata pelajaran pun, qta yg milih sndiri, skolah tinggal mencarikan gurunya.
di smuth, tdk ada guru yg pernah marah.
di smuth, nilai2 tdk ditempel dgn menyertakan nama, sebab, tdk boleh ada nilai2 jeblok yg di ketahui siapa org bodoh itu.
di smuth, tdk ada ranking, smua org adalah ranking 1. (yah, ada ranking cm bwt rank 1-3 sih...tp itu jg g ditulis di raport, hanya dilisankan sj)
di smuth, smua keunikan dihargai. ada poin kesiswaan, ada pin2 "best student" yg diumumkan dan dibagikan tiap upacara u/ 10 siswa terbaik.
di smuth, ikatan emosi dijaga dgn baik, ultah tmn2 bulan itu slalu diumumkan tiap upacara. (udah2,,,jd melenceng...=_=)

pokonya, guru dan murid itu, adalah mitra.
qta blajar sm2, saling berbagi pengalaman.
siapa yg pengalamannya lbh banyak, maka dialah guru saat itu....

(ahhh...i miss smuth so much!)

7. Endless journey

yap2, belajar itu, seumur hidup!
klo sdh lulus dr skolah formal, slalu ada hal yg bs terus dipelajari.
itulah yg mgkn disebut pak Alwi sbg "Hidden curriculum"...dan HC itu tdk hanya ada di pend.formal, tp slalu ada, sepanjang hidup qta!
"krn u/ mencapai kesempurnaan, harus melalui perjalanan yg panjang, dan tanpa batas"

sama dgn kata2 pak alwi, "bhw u/ menjadi org besar, mmg harus melewati fase2 "kesakitan"..."
n' mmg bgitulah, proses belajar harus terjadi....^^

oya, di akhir pemaparannya, ust.mif smpt2nyaaaa promosi soal muthahhari...

gw bru tau sih, trnyata arti "Muthahhari" itu = "Yang Disucikan"...

dan memang, lembaga pendidikan itu harus bisa menyucikan jiwa2 peserta didik yg masuk kewadahnya.
krn menurut materi Bastra HMI pun, u/ mencapai kesempurnaan (yg digambarkan dengan proses penyatuan diri kembali pada Sang Pencipta), qta mmg harus mengalami fase2 penyucian. dari jiwa materiil yg hina ini, menuju zat sempurna, yaitu Sang Pencipta.

yah, klo buku yg pernah kubaca mah, menggambarkan proses menuju kesempurnaan itu dgn "perjalanan manusia dari dimensi 3 ke dimensi 7" (which is, t4 Allah duduk di Aras Nya)

nah,bagi Muthahhari, proses penyucian itu, dilakukan dgn 3 pilar:
1. menguasai ilmu agama dan modern
2. menjadi cendekiawan yg tdk diam di menara gading. (mksdnya, jd cendikiawan itu harus diamalkan! jgn diam aja!, jd aktivis lah!)
3. berpikiran SANGAT terbuka

yup2, bahkan dlm doktrin (ntah bisa disebut doktrin atw g) yg kudapat di SMuth, bhw bunda theresa, nelson mandela, gandhi, thomas a.Edison dan org2 non muslim yg berkontribusi besar pd kebaikan dunia ini, bisa masuk surga!

(Pdhl mrk g pnah meyakini Allah)

well, ini mmg bakal jd perdebatan panjang, benar atw tidaknya.
tp yg jelas,
Tuhan itu menilai qta dari Usaha, bukan hasilnya...
biar hasilnya, Tuhan yg menentukan.

(nyambung darimana???)

trakhir,,,
sblm ditutup, ust.mif nyuruh gw, teh rocker, alwi, n' satu lg gw lupa namanya...=_=

u/ naik ke atas panggung, n' BERNYANYI MARS MUTHAHHARI!

ampuuuunnn!
malu2in banget dah!

awalnya gini...
wkt gw dari luar mau balik ke t4 duduk gw...
tiba2 ustmif dgn ramahnya menyapa gw.

"ame, masih ingat mars muthahhari?" tanya beliau dgn senyum mautnya....

tanpa firasat buruk apapun, gw langsung jawab "masih ingat ustad!"
(soalnya gw pikir, klo gw lupa, ustnya bakal kecewa,,,"masa' alumni lupa marsnya sndiri??")

dan dgn senyum yg lagi2 luar biasa, bliau bilang:
"oke, klo gitu nanti Ame nyanyi mars smuth di depan ya!"

JDAAARRRRRRRRR!

"AAAAAHHHHh! ustaaaddd!!jangan tad! suaraku jelek! sumpah!" gw mohon2 ma si ustad.
"ustaaaddd...~~jgn dongggg...pleaseeee???"

si ustad ttp diem sambil senyum2....(*menikmati kesengsaraan gw....+_+)

stlh gw mohon2 dgn bribu gaya dan intonasi suara...
akhirnya si ustad membuka mulut jg...

"hmmm..klo gitu, ame' main keyboardnya aja! gmn? nanti sy suruh panitianya usahain ada keyboard disini..."

JDAAAAAARRRRRRRR! (lagi, dan lebih heboh!)>.<

matiiiii....>.< gw kan g pnah main klo g latihan minimal sbulan? (lebay)

"ustad, jangan dooong!!! pleaseeee???"

si ustad udah g nengok ke gw lagi..dy malah nyuruh "ajudan"nya itu u/ usahain keyboard atw apalah.

kaki gw lemes...
akhirnya gw nyerah, duduk di kursi gw bwt nrima nasib, n' nunggu makan siangnya dateng sndiri. (kenalan baru gw, si Rizki n' Anhy, udah krucuk2 daritadi, cm si Rizki g tahan n' nyari makanannya sndiri diluar)

pas lagi laper2nya (gw ma Anhy punya niat jahat nyomot bosara' yg penuh kue, n' nyulik teh kotak tak tersentuh di kursi2 pemateri itu...)
tiba2 Teh Rocker dateng, n' bawain makanan.

srasa kedatangan malaikat, gw langsung nawarin "manggung" bareng ma teh rocker.
n' UNTUUUNG teh roker mau, soalnya ada alwi n' alumni yg satunya itu.
jd deh, qta nyanyi ber 4~!!!

hehehehehe....


DI SMU MUTHAHHAAAAARI,
KAMI BERJANJI SUCIIIIIIII!
DEMI ALLAAAAH, RABBUL IZZAAA..
KAMI KAFILAH MULIAAAA!...

berjalan menuju dia
sahara tak terhingga
maju terus, maju terus
meraih cinta dia...

suciiikaaaan, lah jiiiwa, serapkan Asma Allaaaahhh!
cerdaaaaskaaan lah aaakal! serapkan Asmaaa Allaaaahhh!>.<

hehehe....^^

Untuung, disuruhnya nyanyiin mars doang,
klo disuruh nyanyiin hymne smuth, bisa nangis2 gw...

hix2...kangen smuth bgt nih!>.<

well, akhirnya gw cape nulis jg...
pesan hari ini:
"klo mau ikut sminar, blajar lah menyanyi dulu!"
hehehe...^^
| edit post
Reaksi: 
8 Responses
  1. Skydrugz Says:

    no comment...

    memang luar biasa



  2. Skydrugz Says:

    sudah belajar nyanyi?
    :D


  3. AMey Says:

    sdang merencanakan blajar nyanyi...

    hehehe....


  4. Skydrugz Says:

    Terus keyboardmu bgm? Nanti nangis?
    Btw, bgm klo nanti ust. miftah kt undang sbg pemateri di slh st proker bid. 1?


  5. AMey Says:

    kok keyboardku nangis?
    dsrrr....-_-

    ust.mif diundang jd pemateri ya???
    WAh!! ide cemerlang tuh!

    bs tuh, qta jadikan itu sebagai seminar u/ dosen...dan bkn cm u/ mahasiswa...

    klo perlu undang Ust.Jalnya aja skalian!
    hohoho...
    mnurutmu, mrk bisa dimasukkan sbg pemateri di proker yg mana?


  6. Skydrugz Says:

    seminar dan kuliah umum kayknya bagus.....tuh


  7. AMey Says:

    kuliah umum??

    i've talk about this to my dad..

    ktnya sih,,,
    klo mau ngundang dosen...
    maka pematerinya jg harus dari kalangan FK...

    soalnya karakter dosen2 FK kan gitu..
    meremehkan.


    papaku bilang, klo mau, cari pemateri dari FK UGM.
    dsana, MEU itu jadi satu bagian khusus yg setara dgn obgin, bedah dkk...
    jd mrk mmg ahli bidang ajar mengajar...